Skip to main content

RPP Sejarah Peminatan Kelas 11 kuirkulum 2013 revisi 2017


Sejatinya para guru yang melaksanakan kegitan berguru mengajar di kelas memerlukan sebuah konsep, gambaran ataupun rencana terlebih dahulu sebelum melaksanakan hal tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah para guru dalam mengajar secara efektif dan mencapai sesuai target yang ingin dicapai. Untuk mekukan hal tersebut maka perlulah seorang guru untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di tahun pembelajaran 2017/2018 kini mengalami revisi kembali, namun masih merujuk kepada peraturan menteri pendidikan & kebudayaan no 22-24 tahun 2016. Adapun perubahan tersebut bertujuan untuk menekankan akseptor didik terhadap PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) ibarat religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Selain PPK, siswa juga ditekankan biar bisa berpikir tingkat tinggi yang dalam taksonomi tujuan pendidikan ranah kognitif terdiri atas kemampuan analisis, evaluasi, dan mencipta (High Other Thinking Skill/HOTS), selanjutnya ditekankan Literasi, antara lain untuk pengembangan budaya membaca dan menulis dan yang terakhir penyusunan RPP harus sudah temuat atau terintegrasi Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (4C).

Selanjutnya untuk mengetahui susunan atau komponen RPP Kurikukul 2013 Revisi 2017, dibawah ini kami telah menyediakan rujukan RPP Sejarah Peminatan Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah terintegrasi 4 instrumen di atas (PPK, Literasi, HOTS & 4C). Adapun materi yang mencangkup dalam penyusunan RPP Sejarah Peminatan Kelas 11 kuirkulum 2013 revisi 2017 ini sudah sesuai dengan KI-KD dan silabus terbaru revisi 2017. Berikut ini yakni materinya:
  • Kerajaan-kerajaan bahari Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini.
  • Kerajaan-kerajaan bahari Indonesia pada masa Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini. 
  • Pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa penting di Eropa; Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia serta bangsa lain didunia pada masa kini. 
  • Pemikiran-pemikiran yang melandasi revolusi-revolusi besar dunia dan pengaruhnya bagi umat insan pada masa kini. 
  • Hubungan perkembangan faham-faham besar dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa kini. 
  • Pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global. 
  • Respon Bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme. 
  • Akar-akar nasionalisme di Indonesia dan pengaruh-nya pada masa kini. 
  • Akar-akar demokasi di Indonesia dan perkembangannya pada masa kini. 
  • Pendekatan dan taktik pergerakan nasional. 
  • Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Pendudukan Jepang. 
  • Pemikiran dalam Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini
Download Contoh RPP Sejarah Peminatan Kelas 11 Kuirkulum 2013 Revisi 2017

Comments

Popular posts from this blog

Contoh dan Pembahasan Soal Materi Gaya Lorentz

Contoh Soal pembahasan Gaya Lorentz. Gaya Lorentz dalam Fisika merupakan Gaya yang ditimbulkan dari beberapa muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada pada suatu medan magnet B. Soal No. 1 Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 Tesla, berapakah Gaya Lorentz yang timbul? Pembahasan: Diketahui: L = 10 m I = 5 mA = 5 x 10 -3 A B = 8 T Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 8 . 5 x 10 -3 . 10 = 0,4 N Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar 0,4 N Soal No. 2 Sebuah kawat penghantar memiliki panjang 12 m tegak lurus berada dalam sebuah medan magnet sebesar 90 Tesla. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada kawat sebesar 0,02 mA. Berapakah besar Gaya Lorentz-nya? Pembahasan: Diketahui: L = 12 m B = 90 T I = 0,02 mA = 2 x 10 -5  A Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 90 . 2 x 10 -5  . 1

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16 Ω dirang

Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC)

Contoh dan pembahasan Soal mengenai Listrik bolak-balik (AC). Agar anda lebih memahami mengenai materi listrik bolak-balik berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh serta jawaban soal materi fisika tentang Listrik Bolak-balik (AC). SOAL PILIHAN GANDA  Perhatikan rangkaian R-L-C seri berikut ini! Tegangan yang muncul pada ujung-ujung dari induktor adalah .... A.   400 V B.   350 V C.   300 V D.   200 V E.   100 V Pembahasan Kita tentukan terlebih dahulu nilai impedansi rangkaian (Z). Sebenarnya untuk nilai Z sudah bisa ditebak tanpa menghitung. Coba perhatikan! Nilai R = 40 Ω dan XL − XC = 30 Ω. Dapat dipastikan nilai Z = 50 Ω. Ingat triple Pythagoras 3, 4, 5! Ok, kita anggap anda tidak tahu. Kita kerjakan menurut rumus yang berlaku. Anda harus meninjau kembali rumus Impedansi Rangkaian R-L-C seri Karena rangkaian R-L-C tersebut adalah rangkaian seri, arus yang melalui R, L, atau C adalah sama, yaitu arus yang berasal dari sumber. Arus yang berasal