Skip to main content

SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI KETENAGAKERJAAN MAPEL EKONOMI KELAS XI TERBARU

 materi Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi mapel Ekonomi kelas XI. semua Pembahasannya ada dibawah sendiri. Semoga artikel ini bisa jadi referensi kalian, dan selamat belajar!!!

Soal dan pembahasan latihan penilaian harian

1. Pemerintah /swasta menetapkan aturan sebelum perekrutan tenaga kerja,selama pekerjaan dilakukan bahkan sesudah pekerjaan selesai dikerjakan (pensiun). Ini merupakan ruang lingkup ....

A. tenaga kerja

B. angkatan kerja

C. ketenagakerjaan

D. kesempatan kerja

E. bukan angkatan kerja

Jawaban: C

 

2. Bapak Unu setiap hari mengerjakan tugas rutinnya di SMA Harapan Jaya dengan membersihkan lingkungan sekolah dan menata taman sekolah. Bapak Unu termasuk jenis tenaga kerja ....

A. ahli

B. terampil

C. terdidik

D. terlatih

E. tidak terdidik dan tidak terlatih

Jawaban: E

3. Pak Riko adalah direktur perusahaan terbesar di kotanya. Pada masa pandemi covid 19 perusahaannya nyaris ditutup, untuk mencegahnya Pak Riko selalu berkonsultasi dengan ibu Meylan yang adalah konsultan perusahaan tersebut.

Menurut sifatnya Pak Riko dan ibu Meylan tergolong tenaga kerja ....

A. rohaniah

B. jasmaniah

C. terdidik

D. terlatih

E. ahli

Jawaban: A

4. Keadaan yang menggambarkan tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja disebut ….

A. tenaga kerja

B. angkatan kerja

C. pencari kerja

D. kesempatan kerja

E. waktu efektif kerja

Jawaban: D

5. Penduduk usia produktif/usia kerja 15 tahun ke atas yang bekerja, punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran merupakan ....

A. pengangguran

B. angkatan kerja

C. bukan angkatan kerja

D. tenaga kerja langsung

E. tenaga kerja tidak langsung

Jawaban: B

6. Perhatikan pernyataan berikut ini:

1) Tingkat pengangguran tinggi

2) Jumlah angkatan kerja tinggi

3) Tingkat pendidikan dan keterampilan rendah

4) Penyebaran angkatan kerja merata

5) Perlindungan kesejahteraan tenaga kerja maksimal

Yang merupakan permasalahan ketenagakerjaan adalah ....

A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 3) dan 5)

C. 2), 3) dan 4)

D. 2), 4) dan 5)

E. 3), 4) dan 5)

Jawaban: A

7. Penduduk yang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan atau mempersiapkan suatu usaha baru atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja/ mempunyai pekerjaan tetapi belum mulai bekerja merupakan ....

A. pekerja

B. pengangguran

C. angkatan kerja

D. pencari kerja

E. bukan angkatan kerja

Jawaban: B

8. Pada saat hasil panen cengkihnya melimpah Pak Toni memiliki penghasilan yang besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun pada saat paceklik penghasilan Pak Toni tidak ada sama sekali, untung isterinya membuka usaha warung kecil-kecilan. Pak Toni termasuk jenis pengangguran ....

A. terbuka

B. terselubung

C. musiman

D. friksional

E. struktural

Jawaban: C

9. Pak Anto terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena perusahaanya tidak mampu menutup tingginya biaya produksi akibat inflasi dan krisis ekonomi. Pak Anto termasuk pengangguran ....

A. terselubung

B. friksional

C. musiman

D. terbuka

E. siklis

Jawaban: E

10. Pernyataan berikut ini yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah ....

A. efektifnya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja

B. kompetensi pencari kerja sesuai dengan pasar kerja

C. pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih besar daripada pertumbuhan angkatan kerja

D. tekanan demografis dengan jumlah dan komposisi angkatan kerja yang besar

E. berbagai regulasi dan perilaku birokrasi yang sangat kondusif bagi pengembangan usaha

Jawaban: D

11. Persoalan pengangguran bukan hanya menyangkut masalah ekonomi, melainkan juga masalah sosial. Dampak yang ditimbulkannya akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan nasional baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang misalnya ....

A. pendapatan nasional meningkat

B. produktivitas kerja tinggi

C. investasi dan pembentukan modal tinggi

D. pendapatan perkapita naik

E. menjadi beban keluarga

Jawaban: E

12. Pemerintah berupaya mengatasi masalah pengangguran dengan melakukan berbagai upaya di bawah ini, kecuali ....

A. menurunkan kualitas tenaga kerja

B. menciptakan kesempatan kerja baru

C. meningkatkan keterampilan tenaga kerja menuju profesionalisme

D. menumbuhkembangkan usaha mikro dan usaha kecil yang mandiri

E. menumbuhkan usaha-usaha baru, memperluas kesempatan berusaha

Jawaban: A

13. Masalah pengangguran dapat memengaruhi pendapatan nasional. pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan permasalahan tersebut adalah ....

A. semakin banyaknya pengangguran,semakin cepat laju pertambahan penduduk

B. tingkat kriminalitas cendrung meningkat sehingga mengurangi pertumbuhan ekonomi

C. meningkatnya pengangguran akan menyebabkan meningkatnya pendapatan nasional

D. meningkatnya biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk memperluas lapangan pekerjaan

E. pengangguran tidak memperoleh gaji,sementara gaji atau pengahasilan seseorang merupakan salah satu unsur pendapatan nasional

Jawaban: E

14. Penetapan upah di Indonesia dilakukan dengan menetapkan upah ....

A. regional

B. minimum

C. maksimum

D. absolut

E. provinsi

Jawaban: B

15. Petani penggarap mengerjakan sawah milik orang lain dengan bagi hasil separohan. Artinya, bila sawah menghasilkan dua ton beras, petani penggarap mendapat satu ton dan pemilik sawah juga mendapat satu ton. Sistem upah yang diterapkan dalam kondisi ini adalah upah ....

A. premi

B. borongan

C. bagi hasil

D. mitra usaha

E. skala berubah

Jawaban: C

Pembahasan Soal :

1. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.

2. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan/pelatihan tertentu untuk melakukan perkerjaannya. Contohnya: tukang sapu, buruh dll.

3. Tenaga kerja rohaniah merupakan tenaga kerja yang dalam pekerjaannya lebih banyak menggunakan proses pemikiran, gagasan, ide, dsb. Contoh: direktur, konsultan dan manajer.

4. Kesempatan kerja merupakan suatu keadaan yang mengambarkan tersedianya lapangan kerja yang siap diisi oleh para pencari kerja.

5. Angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas), baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja.

6. Permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia:

• Tingkat pengangguran yang tinggi

• Jumlah angkatan kerja yang tinggi

• Rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan

• Penyebaran angkatan kerja yang tidak merata

• Perlindungan kesejahteraan tenaga kerja yang belum maksimal

7. Pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan atau mempersiapkan suatu usaha baru atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja/ mempunyai pekerjaan tetapi belum mulai bekerja

8. Pengangguran musiman adalah pengangguran yang biasa terjadi pada sektor pertanian, misalnya di musim paceklik. Di mana banyak petani yang menganggur, karena telah usai masa panen dan menunggu musim tanam selanjutnya.

9. Pengangguran konjungtur/siklis (cyclical unemployment) adalah pengangguran yang berkaitan dengan turunnya kegiatan perekonomian suatu negara. Pada masa resesi, tingkat pengangguran siklis akan semakin meningkat karena dua faktor berikut.

• Jumlah orang yang kehilangan pekerjaan terus meningkat

• Dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk mendapatkan pekerjaan.

10. Penyebab terjadinya pengangguran di suatu negara, di antaranya adalah sebagai berikut.

• Tekanan demografis dengan jumlah dan komposisi angkatan kerja yang besar.

• Pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih kecil daripada pertumbuhan angkatan kerja.

• Jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja.

• Kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan pasar kerja.

• Terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) yang disebabkan, antara lain perusahaan yang menutup atau mengurangi bidang usahanya akibat krisis ekonomi atau keamanan yang kurang kondusif, peraturan yang menghambat investasi, hambatan dalam proses ekspor-impor, dan sebagainya.

• Kurang efektifnya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja.

• Berbagai regulasi dan perilaku birokrasi yang kurang kondusif bagi pengembangan usaha.

• Masih sulitnya arus masuk modal asing.

• Iklim investasi yang belum kondusif.

• Tekanan kenaikan upah di tengah dunia usaha yang masih lesu.

• Kemiskinan.

• Ketimpangan pendapatan.

• Urbanisasi.

• Stabilitas politik yang tidak stabil.

• Perilaku proteksionis sejumlah negara maju dalam menerima ekspor dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

• Keberadaan pasar global

11. Dampak pengangguran salah satunya adalah si penganggur akan menjadi beban keluarganya sendiri akibat tidak memiliki pekerjaan.

12. Cara Mengatasi Pengangguran antara lain:

• Menciptakan kesempatan kerja

• Menumbuhkan usaha-usaha baru, memperluas kesempatan berusaha

• Meningkatkan keterampilan tenaga kerja menuju profesionalisme

• Meningkatkan kualitas tenaga kerja

• Menumbuhkembangkan usaha mikro dan usaha kecil yang mandiri

• Penempatan tenaga kerja Indonesia memiliki kompetensi dengan kualitas yang memadai di luar negeri

13. Masalah pengangguran dapat memengaruhi pendapatan nasional karena pengangguran tidak memperoleh gaji,sementara gaji atau pengahasilan seseorang merupakan salah satu unsur pendapatan nasional.

14. Di Indonesia pengusaha bisa memilih sistem upah yang sesuai untuk jenis perusahaannya, akan tetapi pemerintah memiliki kewajiban menetapkan berapa besarnya upah minimum yang harus diterima pekerja agar bisa hidup layak.

15. Sistem upah bagi hasil, yakni pemberian upah dengan memberikan bagian tertentu kepada pekerja dari hasil (keuntungan) yang diperoleh. Sistem ini biasa dipakai di sektor pertanian

Comments

Popular posts from this blog

rpp simulasi Digital dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi 2017

rpp simulasi digital kurikulum 2013 revisi 2017 Peserta didik usia remaja membutuhkan suatu dorongan supaya mengurangi kegiatan negatif baik itu berasal dari lingkungan luar sekolah maupun dalam sekolah. Contoh kecil dalam keseharian kita seperti menggunakan Handphone Android. Sebenarnya penggunaan HP harus lebih diperhatikan, karena dapat mengakses berbagai sumber yang tidak baik. Ini terjadi karena siswa membukanya melalui aplikasi-aplikasi pemutar video yang kurang mendidik. Pengarahan langkah awal penggunaan benda canggih itu dengan melarang membawa Handphone ke sekolah. Kemudian guru memberikan suatu gambaran yang membuka wawasan  peserta didik. Keterkaitan mata pelajaran Simulasi digital dengan ulasan diatas adalah alat peraga yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan tape recorder, Handphone yang bisa memutar video, dan peralatan peraga pendidikan lainnya dimana ini sudah dilampirkan dalam lembar pembuatan rpp simulasi digital revi...

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017 . Soal yang akan di ujiankan pada saat tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Banyak persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghadapi Ujian Seleksi CPNS. Salah satunya kita harus mencari beberapa sumber di internet baik itu latihan soal CPNS di blog/web bahkan langsung mengakses ujian online yang tersedia dari yang versi gratis maupun yang berbayar. Namun anda tidak perlu kuatir karena banyak sumber yang tersedia untuk membantu anda mempersiapkan diri Anda mengikuti Seleksi CPNS. Agar mempermudah anda dalam persiapan ujian ada baiknya anda mempelajari soal-soal yang kami bagikan dalam tulisan kali ini. Soal-soal yang kami berikan dapat anda gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan Seleksi CPNS di beberapa kementerian antara lain: ⇒ Contoh soal cpns kemenkumham. Baca Juga: Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2017 Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017 ...

Contoh dan pembahasan soal Interferensi Cahaya

Contoh dan pembahasan soal Interferensi. Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi. Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya. Sifat khas ini hanya dimiliki oleh gelombang. Jika dua buah gelombang bergabung sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (konstruktif ). Titik yang m...