Skip to main content

RPP IPA kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Di tahun Pelajaran 2017/2018 ini sudah banyak yang mulai menerapkan Kurikulum 2013 Revisi 2017, tentunya sekolah harus menyiapakan administrasi-administrasi pendukung guna menerapkan kurikulum 2013 ini. Salah satunya yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP. RPP yaitu pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam proses belajar-mengajar semoga sesuai dengan aturan yang berlaku.


Dimana RPP yang disusun harus berdasarkan Permendikbud 22 – 24 tahun 2016 dan tentunya RPP yang di buat harus terintegrasi diantaranya
  • Mengintergrasikan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. abjad yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi; keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill),

RPP ipa kelas 7 kurikulum 2013 Revisi 2017


Bagi guru mata pelajaran IPA yang ketika ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran IPA berikut ini kami sajikan untuk anda pola RPP IPA kelas 7 kurikulum 2013 Revisi 2017 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) tentunya RPP IPA kelas 7 kurikulum 2013 Revisi 2017 di susun berdasarkan materi yang terdapat pada buku IPA kelas 7 (Buku pegangan guru & dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2017

Adapun materi yang terdapat pada buku IPA kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang menjadi sumber atau materi pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut
  • Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya, Pengukuran besaran Pokok dan Turunan, Satuan baku dan tak baku
  • Klasifikasi Makhluk hidup dan benda tak hidup, Ciri-ciri makhluk hidup, Klasifikasi makhluk hidup ,Pengenalan mikroskop
  • Zat dan Karakteristiknya ,Zat Padat, Cair dan Gas, Unsur Senyawa, dan Campuran, Sifat fisika dan kimia, Perubahan fisika dan kimia
  • Suhu dan Kalor ,Suhu ,Alat pengukur suhu, Pemuaian Kalor ,Perpindahan kalor, Kestabilan suhu badan makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
  • Energi, Bentuk-bentuk energy, Sumber energi, Perubahan bentuk energi, Transformasi energi dalam sel, Fotosintesis, Respirasi
  • Sistem Organisasi Kehidupan, SelJaringan Organ, Sistem organ, Organisme
  • Sistem Organisasi Kehidupan, Sel, Jaringan Organ ,Sistem organ, Organisme
  • Makhluk Hidup dan Lingkungan, Interaksi antaratan makhluk hidup dan lingkungan, Dinamika populasi
  • Pencemaran Lingkungan, Pencemaran udara, Pencemaran air, Pencemaran tanah, Dampak pencemaran bagi ekosistem
  • Perubahan Iklim, Penyebab terjadinya perubahan iklim , Dampak perubahan iklim bagi ekosistem
  • Lapisan Bumi dan Bencana, Lapisan bumi, Gunung api, Gempa bumi dan tsunami, Tindakan tanggap bencana
  • Tata Surya, Sistem tata surya, Karakteristik anggota tata surya, Matahari sebagai bintang, dampak rotasi dan revolusibumi bagi kehidupan di bumi, Gerhana bulan dan matahari, Terjadinya pasang surut
Download Contoh RPP IPA kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Demikian postingan kami mengenai RPP IPA kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017. semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh dan Pembahasan Soal Materi Gaya Lorentz

Contoh Soal pembahasan Gaya Lorentz. Gaya Lorentz dalam Fisika merupakan Gaya yang ditimbulkan dari beberapa muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada pada suatu medan magnet B. Soal No. 1 Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 Tesla, berapakah Gaya Lorentz yang timbul? Pembahasan: Diketahui: L = 10 m I = 5 mA = 5 x 10 -3 A B = 8 T Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 8 . 5 x 10 -3 . 10 = 0,4 N Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar 0,4 N Soal No. 2 Sebuah kawat penghantar memiliki panjang 12 m tegak lurus berada dalam sebuah medan magnet sebesar 90 Tesla. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada kawat sebesar 0,02 mA. Berapakah besar Gaya Lorentz-nya? Pembahasan: Diketahui: L = 12 m B = 90 T I = 0,02 mA = 2 x 10 -5  A Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 90 . 2 x 10 -5  . 1

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16 Ω dirang

Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC)

Contoh dan pembahasan Soal mengenai Listrik bolak-balik (AC). Agar anda lebih memahami mengenai materi listrik bolak-balik berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh serta jawaban soal materi fisika tentang Listrik Bolak-balik (AC). SOAL PILIHAN GANDA  Perhatikan rangkaian R-L-C seri berikut ini! Tegangan yang muncul pada ujung-ujung dari induktor adalah .... A.   400 V B.   350 V C.   300 V D.   200 V E.   100 V Pembahasan Kita tentukan terlebih dahulu nilai impedansi rangkaian (Z). Sebenarnya untuk nilai Z sudah bisa ditebak tanpa menghitung. Coba perhatikan! Nilai R = 40 Ω dan XL − XC = 30 Ω. Dapat dipastikan nilai Z = 50 Ω. Ingat triple Pythagoras 3, 4, 5! Ok, kita anggap anda tidak tahu. Kita kerjakan menurut rumus yang berlaku. Anda harus meninjau kembali rumus Impedansi Rangkaian R-L-C seri Karena rangkaian R-L-C tersebut adalah rangkaian seri, arus yang melalui R, L, atau C adalah sama, yaitu arus yang berasal dari sumber. Arus yang berasal