Skip to main content

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kuriukulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Di tahun Pelajaran 2017/2018 ini sudah banyak yang mulai menerapkan Kurikulum 2013 Revisi 2017, tentunya sekolah harus segera menyiapkan administrasi-administrasi pendukung guna menerapkan kurikulum 2013 ini. Salah satunya yaitu RPP. RPP yakni pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam proses Belajar-mengajar semoga sesuai dengan kaidah-kaidah aturan yang berlaku.

Dimana RPP yakni rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Dan Tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yakni perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan aktivitas peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP yakni rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Adapun materi yang terdapat pada buku Ilmu pengetahuan Sosial kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dijadikan sumber atau materi pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut
  • Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut). Sumber Daya Manusia, jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan keragaman etnik (aspek-aspek budaya ,Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN), Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
  • Pengaruh interaksi sosial (mobilitas sosial) terhadap kehidupan sosial budaya. Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia.Konflik dan integrasi.
  • Keunggulan dan keterbatasan dalampermintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi.Permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi ,Pengaruhi nteraksi antaruang terhadap aktivitas ekonomi, social, budaya di Indonesia dan ASEAN Kegiatan perdaganga nantar daerah, antarpulau, danantarnegara (ekspor-impor). Upaya berbagi ekonomi maritime dan agrikultur. Mengembangkanalternatifpendistribusianpendapatanuntukkesejahteraanmasyarakat.
  • Kedatanganbangsa-bangsaEropadanperlawananbangsa Indonesia Perubahan , dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia padamasapenjajahan. Munculnya ,organisasi pergerakan dan tumbuhnya msemangat kebangsaan
Bagi guru mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial yang dikala ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berikut ini kami sajikan untuk anda pola RPP IPS kelas 8 kurikulum 2013 Revisi 2017 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) tentunya RPP IPS Kelas 8 kurikulum 2013 Revisi 2017 di susun berdasarkan materi yang terdapat pada buku IPS kelas 8 (Buku pegangan guru & dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2017.

Silahkan dowonload Contoh RPP Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kuriukulum 2013 Revisi 2017

Comments

Popular posts from this blog

Contoh dan Pembahasan Soal Materi Gaya Lorentz

Contoh Soal pembahasan Gaya Lorentz. Gaya Lorentz dalam Fisika merupakan Gaya yang ditimbulkan dari beberapa muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada pada suatu medan magnet B. Soal No. 1 Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 Tesla, berapakah Gaya Lorentz yang timbul? Pembahasan: Diketahui: L = 10 m I = 5 mA = 5 x 10 -3 A B = 8 T Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 8 . 5 x 10 -3 . 10 = 0,4 N Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar 0,4 N Soal No. 2 Sebuah kawat penghantar memiliki panjang 12 m tegak lurus berada dalam sebuah medan magnet sebesar 90 Tesla. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada kawat sebesar 0,02 mA. Berapakah besar Gaya Lorentz-nya? Pembahasan: Diketahui: L = 12 m B = 90 T I = 0,02 mA = 2 x 10 -5  A Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 90 . 2 x 10 -5  . 1

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16 Ω dirang

Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC)

Contoh dan pembahasan Soal mengenai Listrik bolak-balik (AC). Agar anda lebih memahami mengenai materi listrik bolak-balik berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh serta jawaban soal materi fisika tentang Listrik Bolak-balik (AC). SOAL PILIHAN GANDA  Perhatikan rangkaian R-L-C seri berikut ini! Tegangan yang muncul pada ujung-ujung dari induktor adalah .... A.   400 V B.   350 V C.   300 V D.   200 V E.   100 V Pembahasan Kita tentukan terlebih dahulu nilai impedansi rangkaian (Z). Sebenarnya untuk nilai Z sudah bisa ditebak tanpa menghitung. Coba perhatikan! Nilai R = 40 Ω dan XL − XC = 30 Ω. Dapat dipastikan nilai Z = 50 Ω. Ingat triple Pythagoras 3, 4, 5! Ok, kita anggap anda tidak tahu. Kita kerjakan menurut rumus yang berlaku. Anda harus meninjau kembali rumus Impedansi Rangkaian R-L-C seri Karena rangkaian R-L-C tersebut adalah rangkaian seri, arus yang melalui R, L, atau C adalah sama, yaitu arus yang berasal dari sumber. Arus yang berasal