Skip to main content

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - (RPP) merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dibuat dan dimiliki oleh setiap Guru. dimana Kali ini saya akan membagikan pola RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang menghasilkan beberapa aspek berbeda yang mengharuskan integrasi empat aspek penting dalam pembelajaran menyerupai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Kemampuan 4C, dan juga HOTS.

Dimana Penyusunan RPP bukan hanya sekedar persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegeiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, aktivitas perencanaan selalu mendahului aktivitas pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 

Bagi guru Ilmu Pengetahuan Sosila yang dikala ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berikut ini kami sajikan untuk anda pola RPP IPS kelas 7 kurikulum 2013 Revisi 2017 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) dan tetunya RPP IPS kelas 7  kurikulum 2013 revisi 2017 di susun berdasarkan materi yang terdapat buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 (Buku pegangan guru &dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2017

Adapun materi yang terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dijadikan sumber atau materi pembuatan RPP adalah diantaranya sebagai berikut
  • Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut), Sumber Daya Manusia, jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, keragaman etnik (aspek-aspek budaya , Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Indonesia) , Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
  • Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik. Lembaga sosial: pengertian, jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik).
  • Konsep  kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi). Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek. Permintaan, penawaran, harga, dan pasar. Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia. Hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkan kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
  • Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis. Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha  secara kronologis. Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI KETENAGAKERJAAN MAPEL EKONOMI KELAS XI TERBARU

  materi   Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi  mapel Ekonomi kelas XI. semua Pembahasannya ada dibawah sendiri. Semoga artikel ini bisa jadi referensi kalian, dan selamat belajar!!! Soal dan pembahasan latihan penilaian harian 1. Pemerintah /swasta menetapkan aturan sebelum perekrutan tenaga kerja,selama pekerjaan dilakukan bahkan sesudah pekerjaan selesai dikerjakan (pensiun). Ini merupakan ruang lingkup .... A. tenaga kerja B. angkatan kerja C. ketenagakerjaan D. kesempatan kerja E. bukan angkatan kerja Jawaban: C   2. Bapak Unu setiap hari mengerjakan tugas rutinnya di SMA Harapan Jaya dengan membersihkan lingkungan sekolah dan menata taman sekolah. Bapak Unu termasuk jenis tenaga kerja .... A. ahli B. terampil C. terdidik D. terlatih E. tidak terdidik dan tidak terlatih Jawaban: E 3. Pak Riko adalah direktur perusahaan terbesar di kotanya. Pada masa pandemi covid 19 perusahaannya nyaris ditutup, untuk mencegahnya ...

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16...

Contoh dan pembahasan soal Interferensi Cahaya

Contoh dan pembahasan soal Interferensi. Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi. Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya. Sifat khas ini hanya dimiliki oleh gelombang. Jika dua buah gelombang bergabung sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (konstruktif ). Titik yang m...