Skip to main content

Contoh dan Pembahasan soal GGL Induksi

Contoh dan Pembahasan soal GGL Induksi. Arus listrik dapat timbul jika ada beda potensial. Beda potensial ini ditimbulkan oleh adanya perubahan fluks magnetic yang dinamakan gaya gerak listrik induksi (GGL induksi), sedangkan arus yang timbul disebut arus induksi. Arah arus induksi yang timbul karena adanya perubahan fluks magnetic dalam kumparan dapat ditentukan dengan menggunakan Hukum Lenz.


Berikut ini kami akan share beberapa contoh dan pembahasan soal GGL Induksi.

Nomor 1

Fluks magnetik yang dihasilkan oleh medan magnetik B yang menembus tegak lurus permukaan seluas A adalah Ф. Jika medan magnetiknya diperkecil menjadi 1/2 B sedangkan luas permukaannya diperbesar menjadi 2A, maka fluks magnetik yang dihasilkan sama dengan….

A. 1/4 Ф

B. 1/2 Ф

C. Ф

D. 2Ф

E. 4Ф


Pembahasan

Fluks magnetik adalah Ф = B A cos θ = B A cos 0 = B A.

Jika medan B’ = 1/2 B dan A’ = 2A maka fluks magnetiknya:

Ф’ = B’ A’ = 1/2 B . (2A) = B A = Ф

Jawaban: C

Nomor 2

Batang magnet bergerak dengan kelajuan konstan mendekati kumparan. Beda potensial listrik yang terukur pada titik X dan Y akan ...

A. lebih tinggi di X dan akan semakin berkurang

B. lebih tinggi di Y dan akan semakin berkurang

C. sama dengan nol

D. lebih tinggi di Y dan akan semakin membesar nilainya

E. Lebih tinggi di X dan akan semakin membesar nilainya


Pembahasan

Dari hukum Lenz : “Arah arus induksi sedemikian rupa sehingga menghasilkan medan magnet yang arahnya melawan terjadinya perubahan fluks”.

Bila kutub utara magnet di dekatkan ke kumparan, maka pada kumparan terjadi penambahan fluks magnet. Penambahan ini dilawan sehingga kumparan menghasilkan medan magnet induksi yang arahnya berlawanan dengan medan magnet yang dihasilkan oleh kutub utara magnet.

Adapun arus induksi yang terjadi terlihat seperti gambar. Karena arah arus induksi mengalir dari X ke Y maka beda potensial X lebih tinggi dari Y dan nilainya akan membesar.

Nomor 3

Jika arus listrik yang mengalir pada kawat berbentuk cincin diperbesar, maka akan timbul ggl induksi pada kawat yang arahnya berlawanan dengan arah semula

SEBAB

Arah arus induksi menghasilkan medan magnet yang arahnya sedemikian rupa sehingga melawan terjadinya perubahan fluks.

Pembahasan

Pernyataan dan alasan benar karena sesuai dengan pernyataan hukum Lenz.

Nomor 4

Gaya gerak listrik induksi yang dihasilkan pada cincin kawat yang digerakkan dalam medan magnetik bergantung pada:

  • diameter cincin
  • besar medan magnetik
  • arah penampang cincin
  • arah medan magnetik

Pembahasan

Dari hukum Faraday Ф = – N (ΔФ / Δt) = – N Δ(BA Cos θ) / Δt

A = πr2 = 1/4 πd2

Berdasarkan rumus diatas maka ggl induksi pada cincin kawat yang digerakkan dalam medan magnet bergantung pada diameter cincin, besar medan magnetik, arah penampang cincing, dan arah medan magnetik.

Jawaban: semua benar


Nomor 5


Sebuah kawat tertutup berbentuk persegi dengan luas 0,02 m2 diletakkan pada bidang datar. Medan magnet seragam diberikan pada bidang tersebut dengan arah menembus ke dalam bidang secara tegak lurus menjauhi pembaca. Medan magnet tersebut diturunkan dengan laju tetap 2 x 10-4 T/s. Jika hambatan kawat 0,1 Ohm maka besar dan arah arus induksi yang timbul adalah…

A. 1 x 10-5 A berlawanan arah jarum jam
B. 1 x 10-5 searah jarum jam
C. 2 x 10-5 berlawanan arah jarum jam
D. 4 x 10-5 searah jarum jam
E. 4 x 10-5 berlawanan arah jarum jam

Pembahasan

Ф = – N (ΔФ / Δt) = – N (ΔBA / Δt)
Ф = – (1) (0,02) (-2 x 10-4) = 4 x 10-6 volt
I = V / R = (4 x 10-4) / 0,1 = 4 x 10-5 A dan arah serah jarum jam

👌 Jawaban: D


Nomor 6

Sebuah kumparan dengan jumlah lilitan 200 berada dalam medan magnet dan mengalami perubahan fluks magnet dari 6 x 10-4 Wb menjadi 1 x 10-4 Wb dalam waktu 0,02 s, maka ggl induksi yang timbul antara ujung- ujung kumparan besarnya adalah…

A. 3 V
B. 5 V
C. 6 V
D. 8 V
E. 12 V


Pembahasan



Jawaban: B

Nomor 7
Sebuah kumparan mempunyai induktansi 700 mH. Besar ggl induksi yang dibangkitkan dalam kumparan itu jika ada perubahan arus listrik dari 200 mA menjadi 80 mA dalam waktu 0,02 sekon adalah…

A. 8,4 V

B. 4,2 V

C. 2,8 V

D. 4,2 mV

E. 2,8 mV


Pembahasan







Jawaban: B

Nomor 8

Timbulnya ggl induksi pada suatu simpal (loop) bergantung pada…

1. Laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi simpal.
2. Luas penampang simpal
3. Laju perubahan luas penampang simpal
4. Besar medan magnet yang dilingkupi oleh simpal

Pernyataan yang benar adalah…

A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1, 2, 3, dan 4


Pembahasan






Jawaban: E


Nomor 9

Suatu jenis kumparan memiliki jumlah lilitannya sebanyak 100 lilitan, fluks magnetiknya mengalami peningkatan dari 1,5 x 10-4 Wb menjadi 3 x 10-4  Wb dalam waktu 0,10 s. Tentukan ggl induksi rata-rata dalam kumparan tersebut.

Jawab

Jumah lilitan N = 100
fluks awal φ = 1,5 x 10-4  Wb
fluks akhir φ = 3 x10-4 Wb
selang waktu ∆t = 0,10 s.

Dalam kasus tersebut, kita dapat meninjau ulang mengenai ggl induksi ε yang ditimbulkan oleh laju perubahan fluks yang konstan, sehingga ε dapat kita hitung dengan cara

ε = ∆φ/∆t
 = –N(φ – φ )/∆t
ε = –100(3 x 10-4  Wb – 1,5 x 10-4  Wb)/0,10 s
 = –0,15 Volt

Tanda negatif  tersebut pada hasil akhir menunjukan bahwa fluks induksi berlawanan arah dengan fluks utama.

Comments

Popular posts from this blog

rpp simulasi Digital dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi 2017

rpp simulasi digital kurikulum 2013 revisi 2017 Peserta didik usia remaja membutuhkan suatu dorongan supaya mengurangi kegiatan negatif baik itu berasal dari lingkungan luar sekolah maupun dalam sekolah. Contoh kecil dalam keseharian kita seperti menggunakan Handphone Android. Sebenarnya penggunaan HP harus lebih diperhatikan, karena dapat mengakses berbagai sumber yang tidak baik. Ini terjadi karena siswa membukanya melalui aplikasi-aplikasi pemutar video yang kurang mendidik. Pengarahan langkah awal penggunaan benda canggih itu dengan melarang membawa Handphone ke sekolah. Kemudian guru memberikan suatu gambaran yang membuka wawasan  peserta didik. Keterkaitan mata pelajaran Simulasi digital dengan ulasan diatas adalah alat peraga yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan tape recorder, Handphone yang bisa memutar video, dan peralatan peraga pendidikan lainnya dimana ini sudah dilampirkan dalam lembar pembuatan rpp simulasi digital revi...

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017 . Soal yang akan di ujiankan pada saat tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Banyak persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghadapi Ujian Seleksi CPNS. Salah satunya kita harus mencari beberapa sumber di internet baik itu latihan soal CPNS di blog/web bahkan langsung mengakses ujian online yang tersedia dari yang versi gratis maupun yang berbayar. Namun anda tidak perlu kuatir karena banyak sumber yang tersedia untuk membantu anda mempersiapkan diri Anda mengikuti Seleksi CPNS. Agar mempermudah anda dalam persiapan ujian ada baiknya anda mempelajari soal-soal yang kami bagikan dalam tulisan kali ini. Soal-soal yang kami berikan dapat anda gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan Seleksi CPNS di beberapa kementerian antara lain: ⇒ Contoh soal cpns kemenkumham. Baca Juga: Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2017 Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017 ...

Contoh dan pembahasan soal Interferensi Cahaya

Contoh dan pembahasan soal Interferensi. Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi. Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya. Sifat khas ini hanya dimiliki oleh gelombang. Jika dua buah gelombang bergabung sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (konstruktif ). Titik yang m...