Skip to main content

rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013. selamat berjumpa lagi rekan-rekan guru dimanapun berada yang selalu bercita-cita untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Terlepas dari peran kita sebagai pendidik yang begitu banyak tugas serta tanggung jawab baik itu mengajar di kelas maupun persiapan sebelum masuk kelas pastinya kita akan selalu disibukan dengan administrasi.


Maksudnya administrasi di sini adalah persiapan perangkat pembelajaran baik itu RPP, Silabus ataupun bahan ajar. Untuk semuanya itu kami yakin banyak dari kita Guru-guru yang sangat dipusingkan dengan perangkat pembelajaran tersebut. Bahkan banyak dari kita sahabat-sahabat Guru-guru yang mencari Literatur ataupun contoh RPP dari search di Om google. Dan kebetulan pada saat yang sama sahabat-sahabat guru browsing ketemulah dengan link kami ini. Baiklah untuk tidak berlama-lama kami akan memberikan beberapa contoh RPP Matematika SMP Kurikulum 2013 (Revisi).

rpp matematika kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017

Adapun beberapa komponen-komponen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dapat dijelaskan secara terperinci sebagai berikut :
  1. Identitas mata pelajaran.  meliputi beberapa hal diantaranya : satuan pendidikan, kelas yang diajarkan, semester, program keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan. 
  2. Standar kompetensi.  adalah kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). Standar kompetensi tersebut diharapkan dapat dicapai pada setiap kelas untuk satu semester pada suatu mata pelajaran. 
  3. Kompetensi dasar. merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa pada mata pelajaran tertentu sebagai patokan dalam penyusunan indikator kompetensi pada mata pelajaran. 
  4. Indikator pencapaian kompetensi. merupakan sikap atau perilaku yang dapat diukur serta ditinjau yang menunjukan ketercapaian suatu kompetensi tertentu yang menjadi acuan penilaian. Indikator pencapaian kompetensi disusun dengan mempergunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati. Indikator pencapaian Kompetensi harus mencakup segi pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). 
  5. Tujuan pembelajaran. menggambarkan suatu proses dan hasil belajar yang dikehendaki dapat tercapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang telah disusun. 
  6. Materi ajar. Merupakan sebuah rangkuman materi yang menjelaskan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan disusun oleh guru dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan dari indikator pencapaian kompetensi yang telah disusun oleh guru. 
  7. Alokasi waktu.  dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan untuk tercapainya Kompetensi Dasan serta beban belajar. 
  8. Metode pembelajaran. Guru dapat menggunakan suatu metode pembelajaran untuk mendapatkan suasana belajar yang lebih baik sehingga siswa dapat mencapai KD yang telah ditetapkan. Pemilihan dari metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan keadaan serta karakteristik siswa di masing-masing kelas sehingga indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9. Kegiatan pembelajaran. adapun bagian-bagain dari suatu kegiatan pembelajaran yaitu:

  • Pendahuluan. Pada kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran di kelas yang ditujukan untuk memberikan motivasi serta memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan ini hal-hal yang dilakukan guru adalah sebagai berikut : (a) Guru mempersiapkan siswa dari segi psikis dan fisik agar dapat melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik, (b) Guru memberikan beberapa pertanyaan yang diselaraskan pada pengetahuan dan ingatan siswa sebelumnya dan juga memberitahukan materi pelajaran yang akan diajarkan dan dipelajari saat itu, (c) Guru memberikan penjelasan berupa tujuan dari pembelajaran serta KD yang akan dicapai pada pertemuan itu dan juga (d) Guru memberikan penyampaian ketercapaian materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
  • Kegiatan Inti. Pada kegiatan inti guru akan memberikan pemaparan berupa materi pelajaran secara sistematis baik melalui proses elaborasi, eksplorasi maupun konfirmasi. 
  • Penutup. Pada Tahap ini kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru adalah mengakhiri aktifitas pembelajaran dalam bentuk rangkuman/kesimpulan, penilaian/refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran untuk pertemuan tersebut.
10.  Penilaian hasil belajar. Pada tahap ini guru akan menyusun langkah-langkah atau prosedur penilaian yaitu penilaian proses serta hasil belajar siswa selama satu pertemuan. Guru akan membuat penilaian yang didasari pada indikator pencapaian kompetensi serta berpedoman kepada Standar Penilaian.
11.  Sumber belajar. Pada bagian ini guru akan memilih sumber belajar yang didasari pada SK/KD, materi ajar, indikator pencapaian kompetensi serta kegiatan dari sebuah pembelajaran di kelas.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013
beserta rpp matematika kelas 9 semester 2 kurikulum 2013.

Berikut ini kami akan membagikan beberapa rpp matematika smp kelas 9 kurikulum 2013 doc yang dapat sahabat-sahabat download atau unduh dibawah ini.

Rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013

Download Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar
Download Barisan dan Deret
Download Perbandingan Bertingkat
Download rpp Kesebanguan dan Kekongruenan kurikulum 2013
Download Bangun Ruang Sisi Lengkung
Download Statistika



rpp matematika smp kelas 9 semester 2 kurikulum 2013

Download Peluang
Bidang Cartesius (download)
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (download)
Fungsi Kuadrat (download_1,download_2)

Demikian postingan kami mengenai rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 semoga dapat bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

rpp simulasi Digital dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi 2017

rpp simulasi digital kurikulum 2013 revisi 2017 Peserta didik usia remaja membutuhkan suatu dorongan supaya mengurangi kegiatan negatif baik itu berasal dari lingkungan luar sekolah maupun dalam sekolah. Contoh kecil dalam keseharian kita seperti menggunakan Handphone Android. Sebenarnya penggunaan HP harus lebih diperhatikan, karena dapat mengakses berbagai sumber yang tidak baik. Ini terjadi karena siswa membukanya melalui aplikasi-aplikasi pemutar video yang kurang mendidik. Pengarahan langkah awal penggunaan benda canggih itu dengan melarang membawa Handphone ke sekolah. Kemudian guru memberikan suatu gambaran yang membuka wawasan  peserta didik. Keterkaitan mata pelajaran Simulasi digital dengan ulasan diatas adalah alat peraga yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan tape recorder, Handphone yang bisa memutar video, dan peralatan peraga pendidikan lainnya dimana ini sudah dilampirkan dalam lembar pembuatan rpp simulasi digital revi...

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017 . Soal yang akan di ujiankan pada saat tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Banyak persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghadapi Ujian Seleksi CPNS. Salah satunya kita harus mencari beberapa sumber di internet baik itu latihan soal CPNS di blog/web bahkan langsung mengakses ujian online yang tersedia dari yang versi gratis maupun yang berbayar. Namun anda tidak perlu kuatir karena banyak sumber yang tersedia untuk membantu anda mempersiapkan diri Anda mengikuti Seleksi CPNS. Agar mempermudah anda dalam persiapan ujian ada baiknya anda mempelajari soal-soal yang kami bagikan dalam tulisan kali ini. Soal-soal yang kami berikan dapat anda gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan Seleksi CPNS di beberapa kementerian antara lain: ⇒ Contoh soal cpns kemenkumham. Baca Juga: Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2017 Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017 ...

Contoh dan pembahasan soal Interferensi Cahaya

Contoh dan pembahasan soal Interferensi. Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi. Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya. Sifat khas ini hanya dimiliki oleh gelombang. Jika dua buah gelombang bergabung sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (konstruktif ). Titik yang m...