Skip to main content

rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013. selamat berjumpa lagi rekan-rekan guru dimanapun berada yang selalu bercita-cita untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Terlepas dari peran kita sebagai pendidik yang begitu banyak tugas serta tanggung jawab baik itu mengajar di kelas maupun persiapan sebelum masuk kelas pastinya kita akan selalu disibukan dengan administrasi.


Maksudnya administrasi di sini adalah persiapan perangkat pembelajaran baik itu RPP, Silabus ataupun bahan ajar. Untuk semuanya itu kami yakin banyak dari kita Guru-guru yang sangat dipusingkan dengan perangkat pembelajaran tersebut. Bahkan banyak dari kita sahabat-sahabat Guru-guru yang mencari Literatur ataupun contoh RPP dari search di Om google. Dan kebetulan pada saat yang sama sahabat-sahabat guru browsing ketemulah dengan link kami ini. Baiklah untuk tidak berlama-lama kami akan memberikan beberapa contoh RPP Matematika SMP Kurikulum 2013 (Revisi).

rpp matematika kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017

Adapun beberapa komponen-komponen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dapat dijelaskan secara terperinci sebagai berikut :
  1. Identitas mata pelajaran.  meliputi beberapa hal diantaranya : satuan pendidikan, kelas yang diajarkan, semester, program keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan. 
  2. Standar kompetensi.  adalah kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). Standar kompetensi tersebut diharapkan dapat dicapai pada setiap kelas untuk satu semester pada suatu mata pelajaran. 
  3. Kompetensi dasar. merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa pada mata pelajaran tertentu sebagai patokan dalam penyusunan indikator kompetensi pada mata pelajaran. 
  4. Indikator pencapaian kompetensi. merupakan sikap atau perilaku yang dapat diukur serta ditinjau yang menunjukan ketercapaian suatu kompetensi tertentu yang menjadi acuan penilaian. Indikator pencapaian kompetensi disusun dengan mempergunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati. Indikator pencapaian Kompetensi harus mencakup segi pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). 
  5. Tujuan pembelajaran. menggambarkan suatu proses dan hasil belajar yang dikehendaki dapat tercapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang telah disusun. 
  6. Materi ajar. Merupakan sebuah rangkuman materi yang menjelaskan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan disusun oleh guru dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan dari indikator pencapaian kompetensi yang telah disusun oleh guru. 
  7. Alokasi waktu.  dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan untuk tercapainya Kompetensi Dasan serta beban belajar. 
  8. Metode pembelajaran. Guru dapat menggunakan suatu metode pembelajaran untuk mendapatkan suasana belajar yang lebih baik sehingga siswa dapat mencapai KD yang telah ditetapkan. Pemilihan dari metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan keadaan serta karakteristik siswa di masing-masing kelas sehingga indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9. Kegiatan pembelajaran. adapun bagian-bagain dari suatu kegiatan pembelajaran yaitu:

  • Pendahuluan. Pada kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran di kelas yang ditujukan untuk memberikan motivasi serta memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan ini hal-hal yang dilakukan guru adalah sebagai berikut : (a) Guru mempersiapkan siswa dari segi psikis dan fisik agar dapat melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik, (b) Guru memberikan beberapa pertanyaan yang diselaraskan pada pengetahuan dan ingatan siswa sebelumnya dan juga memberitahukan materi pelajaran yang akan diajarkan dan dipelajari saat itu, (c) Guru memberikan penjelasan berupa tujuan dari pembelajaran serta KD yang akan dicapai pada pertemuan itu dan juga (d) Guru memberikan penyampaian ketercapaian materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
  • Kegiatan Inti. Pada kegiatan inti guru akan memberikan pemaparan berupa materi pelajaran secara sistematis baik melalui proses elaborasi, eksplorasi maupun konfirmasi. 
  • Penutup. Pada Tahap ini kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru adalah mengakhiri aktifitas pembelajaran dalam bentuk rangkuman/kesimpulan, penilaian/refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran untuk pertemuan tersebut.
10.  Penilaian hasil belajar. Pada tahap ini guru akan menyusun langkah-langkah atau prosedur penilaian yaitu penilaian proses serta hasil belajar siswa selama satu pertemuan. Guru akan membuat penilaian yang didasari pada indikator pencapaian kompetensi serta berpedoman kepada Standar Penilaian.
11.  Sumber belajar. Pada bagian ini guru akan memilih sumber belajar yang didasari pada SK/KD, materi ajar, indikator pencapaian kompetensi serta kegiatan dari sebuah pembelajaran di kelas.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013
beserta rpp matematika kelas 9 semester 2 kurikulum 2013.

Berikut ini kami akan membagikan beberapa rpp matematika smp kelas 9 kurikulum 2013 doc yang dapat sahabat-sahabat download atau unduh dibawah ini.

Rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013

Download Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar
Download Barisan dan Deret
Download Perbandingan Bertingkat
Download rpp Kesebanguan dan Kekongruenan kurikulum 2013
Download Bangun Ruang Sisi Lengkung
Download Statistika



rpp matematika smp kelas 9 semester 2 kurikulum 2013

Download Peluang
Bidang Cartesius (download)
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (download)
Fungsi Kuadrat (download_1,download_2)

Demikian postingan kami mengenai rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 semoga dapat bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Contoh dan Pembahasan Soal Materi Gaya Lorentz

Contoh Soal pembahasan Gaya Lorentz. Gaya Lorentz dalam Fisika merupakan Gaya yang ditimbulkan dari beberapa muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada pada suatu medan magnet B. Soal No. 1 Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 Tesla, berapakah Gaya Lorentz yang timbul? Pembahasan: Diketahui: L = 10 m I = 5 mA = 5 x 10 -3 A B = 8 T Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 8 . 5 x 10 -3 . 10 = 0,4 N Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar 0,4 N Soal No. 2 Sebuah kawat penghantar memiliki panjang 12 m tegak lurus berada dalam sebuah medan magnet sebesar 90 Tesla. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada kawat sebesar 0,02 mA. Berapakah besar Gaya Lorentz-nya? Pembahasan: Diketahui: L = 12 m B = 90 T I = 0,02 mA = 2 x 10 -5  A Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 90 . 2 x 10 -5  . 1

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16 Ω dirang

Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC)

Contoh dan pembahasan Soal mengenai Listrik bolak-balik (AC). Agar anda lebih memahami mengenai materi listrik bolak-balik berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh serta jawaban soal materi fisika tentang Listrik Bolak-balik (AC). SOAL PILIHAN GANDA  Perhatikan rangkaian R-L-C seri berikut ini! Tegangan yang muncul pada ujung-ujung dari induktor adalah .... A.   400 V B.   350 V C.   300 V D.   200 V E.   100 V Pembahasan Kita tentukan terlebih dahulu nilai impedansi rangkaian (Z). Sebenarnya untuk nilai Z sudah bisa ditebak tanpa menghitung. Coba perhatikan! Nilai R = 40 Ω dan XL − XC = 30 Ω. Dapat dipastikan nilai Z = 50 Ω. Ingat triple Pythagoras 3, 4, 5! Ok, kita anggap anda tidak tahu. Kita kerjakan menurut rumus yang berlaku. Anda harus meninjau kembali rumus Impedansi Rangkaian R-L-C seri Karena rangkaian R-L-C tersebut adalah rangkaian seri, arus yang melalui R, L, atau C adalah sama, yaitu arus yang berasal dari sumber. Arus yang berasal