Skip to main content

Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2018/2019

Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2018/2019 untuk SD, SMP, SMA/SMK. Tahun ajaran baru 2018/2019 sudah bergulir dan saatnya bagi kita pendidik untuk mempersiapkan seluruh aktifitas pembelajaran. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk perangkat pembelajaran yang menjadi hal terpenting. Disamping itu seluruh data PTK kita juga harus selalu diperbarui setiap tahun ajaran baru. Hal ini membuat kesibukan kembali untuk mengelola data PTK di aplikasi dapodik melalui operator sekolah.

Bagi Bapak Ibu Guru yang telah disertifikasi maka tunjangan yang akan diterima selalu bergantung dengan cek data dapodik yang sudah sinkronisasi oleh operator masing-masing sekolah.

Jka meninjau kembali cara pengecekan info ptk 2017 atau info gtk 2017 semester 2 yakni semester genap 2016/2017 maka kebanyak dari guru-guru mengakses halaman info.gtk.kemendikbud.go.id 20171 atau melalui beberapa link alternatif cek info ptk 223.27 144.195 8082

Tetapi bapak/ibu guru yang akan mengetahui cek data dapodik yang sudah sinkronisasi link tersebut sudah sulit untuk di akses kembali. Hal ini terjadi karena beberapa kebijakan dari ditjen kemdikbud yang sudah mengalami perubahan.

Beberapa pekan sebelum penutupan data dapodik tahun ajaran 2016/2017 semester genap beredar informasi bahwa  info gtk 2018 akan dapat diakses oleh guru-guru apabila telah mengikuti Pretest UKG 2017.

Cek Info GTK 2018 di SIM PKB

Guru yang telah memperoleh tunjangan sertifikasi, harus berusaha agar data di dapodik telah linear dan tidak invalid. Kejadian ini banyak sekali terjadi walaupun jam mengajar sudah sesuai standar 24 jam tetapi banyak guru-guru yang data dapodik mengalami masalah. Keresahan ini dapat dilihat jika bapak/ibu guru mengecek langsung letak kesalahan data info ptk 2018 untuk tahun ajaran baru ini.

Apabila data sertifikasi bermasalah di dapodik maka dinas akan menerbitkan SKTP guru. cara cek sktp 2018 biasanya data telah valid dan tidak mengalami kekurangan jam sertifikasi bidang studi pada server dapodik. SKTP sendiri merupakan kepanjangan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang menjadi syarat pencairan dana sertikasi bapak/ibu guru.

Agar dapat mengecek kembali info guru terbaru mengenai data sertifikasi, semua guru harus memiliki akun sim pkb guru. Setelah mempunyai akun sim pkb guru harus mengikuti Pretest UKG 2017 agar dapat mengetahui pencapaian masing-masing guru tersebut.

Berdasarkan info guru terbaru, Pengecekan SKTP ataupun Cek SK Tunjangan untuk tahun 2017 sampai 2018, hanya dapat dilakukan dan diakses melalui portal resmi app.sim pkb. Oleh Sebab itu, anda harus mengikuti semua prosedur yang telah di instruksi pada sim pkb guru.

Jika anda telah memiliki akun, silakan untuk sering-sering mengecek data anda dengan  login sim pkb yang telah anda miliki agar bisa mengetahui informasi terkini seputar cek sktp 2017.

Setelah mengikuti Pretest dan data anda telah di input oleh operator sekolah, cek data dapodik yang sudah sinkronisasi tersebut pada aplikasi simpkb apakah sudah valid atau masih invalid. Jika belum segera menghubungi kembali operator untuk memperbaiki kekurangan jam mengajar anda.

Cara cek info gtk di SIMPKB 2017

Laman info gtk Dikmen biasanya digunakan bagi PTK atau Pendidik yang ingin mengetahui cek data dapodik yang sudah sinkronisasi. Pada halaman ini akan kita ketahui Jumlah Jam Memgajar, tugas tambahan guru serta biodata PTK bersangkutan. Laman Info PTK Dikmen diperuntuhkan bagi Guru-Guru tingkat SMA/SMK.

Pada saat ini para pendidikan dapat memantau info sertifikasi guru terbaru melalui aplikasi simpkb. Adapun cara untuk dapat mengecek info PTK 2017, berikut ini kami bagikan langkah yang anda dapat lakukan yakni:

Cara I: Login dari Ketua Komunitas



1. Login terlebih dahulu akun ketua komunitas untuk masing-masing bidang studi di halaman sim pkb 2017 https://apps.simpkb.id



2. klik data GTK. 




3 .ketik nama anggota komunitas bidang studi pada kolom yang sudah tersedia. Kemudian klik tanda titik tiga



4. Setelah itu klik info gtk



5. Apabila berhasil maka akan tampil detik profil PTK

Cara II: Login dari Akun aplikasi sim-pkb



1. Login melalui akun anda di sim pkb 2017 https://apps.simpkb.id



2. Setelah anda berhasil login sim pkb guru pembelajar akan tampil dasboard aplikasi sim-pkb seperti di atas.


3. Tutup Popup yang muncul dengan menekan tombol OK. Gulir menu yang muncul kebawah dan Anda cari menu "Fitur Lain untuk Anda". Kemudian Klik Layanan Info GTK.

4. Apabila berhasil maka akan muncul tampilan untuk cek data dapodik yang sudah sinkronisasi oleh operator. Data yang belum tampil bisa saja masih dalam proses sinkronisasi sehingga kebanyakan masih invalid.


5. Banyak informasi yang anda dapat peroleh pada menu tampilan ini. Anda bisa mengarahkan kursor ke bawah seperti gambar berikut:





Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2018/2019 untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh dan Pembahasan Soal Materi Gaya Lorentz

Contoh Soal pembahasan Gaya Lorentz. Gaya Lorentz dalam Fisika merupakan Gaya yang ditimbulkan dari beberapa muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada pada suatu medan magnet B. Soal No. 1 Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 Tesla, berapakah Gaya Lorentz yang timbul? Pembahasan: Diketahui: L = 10 m I = 5 mA = 5 x 10 -3 A B = 8 T Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 8 . 5 x 10 -3 . 10 = 0,4 N Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar 0,4 N Soal No. 2 Sebuah kawat penghantar memiliki panjang 12 m tegak lurus berada dalam sebuah medan magnet sebesar 90 Tesla. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada kawat sebesar 0,02 mA. Berapakah besar Gaya Lorentz-nya? Pembahasan: Diketahui: L = 12 m B = 90 T I = 0,02 mA = 2 x 10 -5  A Ditanyakan: F = …? Jawaban: F = B . I . L F = 90 . 2 x 10 -5  . 1

Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC)

Contoh dan pembahasan Soal mengenai Listrik bolak-balik (AC). Agar anda lebih memahami mengenai materi listrik bolak-balik berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh serta jawaban soal materi fisika tentang Listrik Bolak-balik (AC). SOAL PILIHAN GANDA  Perhatikan rangkaian R-L-C seri berikut ini! Tegangan yang muncul pada ujung-ujung dari induktor adalah .... A.   400 V B.   350 V C.   300 V D.   200 V E.   100 V Pembahasan Kita tentukan terlebih dahulu nilai impedansi rangkaian (Z). Sebenarnya untuk nilai Z sudah bisa ditebak tanpa menghitung. Coba perhatikan! Nilai R = 40 Ω dan XL − XC = 30 Ω. Dapat dipastikan nilai Z = 50 Ω. Ingat triple Pythagoras 3, 4, 5! Ok, kita anggap anda tidak tahu. Kita kerjakan menurut rumus yang berlaku. Anda harus meninjau kembali rumus Impedansi Rangkaian R-L-C seri Karena rangkaian R-L-C tersebut adalah rangkaian seri, arus yang melalui R, L, atau C adalah sama, yaitu arus yang berasal dari sumber. Arus yang berasal

Contoh dan Pembahasan soal Rangkaian Seri RLC

Masih ingat rangkaian seri di kelas X? Pada saat ini kalian dikenalkan kembali pada rangkaian seri yaitu rangkaian RLC seri yang dialiri arus bolak-balik. Sifat rangkaian RLC seri adalah arus yang melintasi R, L dan C akan sama. Sama disini berarti nilainya sama dan fasenya juga sama. Sedangkan untuk tegangannya berbeda yang berarti berbeda fase dan nilainya. Jika pada rangkaian di aliri arus bolak-balik maka arus dan tegangan tiap-tiap komponennya dapat dituliskan sebagai berikut. Ingat sifat tiap komponennya. i = Im sin ωt VR = VRm sin ωt Vm = VLm sin(ωt + 90o) VC = VCm sin(ωt - 90o) Untuk menentukan hubungan tiap-tiap besaran ini dapat digunakan analisa vektor dengan fase sebagai arahnya. Baca juga : Contoh dan pembahasan Soal Listrik bolak-balik (AC) Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal mengenai rangkain RLC Sebuah resistor memiliki hambatan 10 Ω, induktor dengan reaktansi induktif 20 Ω, dan sebuah kapasitor dengan reaktansi kapasitif 16 Ω dirang