Skip to main content

Contoh dan pembahasan soal Kisi difraksi Terbaru

Contoh dan pembahasan soal Kisi difraksi. Thomas Young seorang ahli fisika melakukan percobaan mengenai kisi difraksi. Beliau mempergunakan percobaan celah ganda yang dapat mengukur panjang gelombang cahaya. Thomas Young menemukan masalah saat percobaan yakni pola interferensi yang ditimbulkan pada celah ganda sangat melebar (Kurang tajam). Akibat yang dari permasalahan tersebut adalah hasil hitungan panjang gelombang (λ) menjadi kurang akurat.

Kisi difraksi merupakan sebuah alat dalam percobaan atau praktikum yang sangat berguna untuk menganalisis sumber-sumber cahaya. Kisi tersebut terdiri dari banyak celah sejajar yang disusun dengan jarak sama. Pada pembuatan sebuah kisi dibuat dengan menggunakan teknik mesin presisi. Cara pembuatannya dilakukan dengan mempergunakan beberapa goresan garis-garis sejajar pada sekeping kaca.

Baca juga : contoh soal interferensi cahaya dan penyelesaiannya

Di dalam Kisi difraksi terdapat celah dengan goresan-goresan yang transparan terhadap cahaya serta difungsikan sebagai celah-celah yang terpisah. Sebuah kisi yang dibentuk terdapat ribuan garis persentimeter. Dalam sebuah perhitungan, banyak garis per sentimeter (untuk satuan panjang) kita dapat menghitung jarak antar celah yang disebut sebagai tetapan kisi, d. Apabila terdapat N garis per sentimeter, maka nilai tetapan kisi d merupakan kebalikan dari N.

Berikut ini kami akan bagikan  contoh soal dan penyelesaian difraksi

Soal nomor 1
Jika cahaya putih dilewatkan kisi difraksi sehingga menghasilkan spektrum cahaya pada orde pertama, warna bayangan di pusat adalah…

A. putih
B. ungu
C. merah
D. jingga
E. kuning

Pembahasan

Jika cahaya putih dilewatkan pada sebuah kisi difraksi maka pada pita 1 sampai pita 3 akan tampak pita-pita pelangi. Hal ini terjadi karena cahaya pecah menjadi me-ji-ku-hi-bi-ni-u akibat perbedaan panjang gelombang. Adapun pada pusat spektrum, pita tetap putih karena cahaya tidak pecah.

Jawaban: A


Soal nomor 2

Seberkas cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5000 Å mengenai kisi yang terdiri dari 10000 celah/cm. Garis terang orde pertama diamati terjadi pada sudut 30o. Apabila kedua ujung kisi ditutup sedemikian hingga cacah celah yang dilewati cahaya tinggal 5000, maka pada sudut 30o tersebut akan diamati…

A. garis terang orde pertama

B. garis terang orde kedua

C. garis terang orde ketiga

D. garis gelap orde pertama

E. garis gelap orde kedua


Pembahasan


Pola terang pada kisi difraksi adalah d sin θ = n λ, dengan d = jarak antar celah

Dengan menutup kedua ujung kisi maka tidak akan mengubah besar d. Karena θ dan λ juga tetap maka yang teramati pada layar tetap saja garis terang orde pertama.
Jawaban A

Soal nomor 3

Seberkas cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5000 Å mengenai kisi yang terdiri dari 10000 celah/cm. Garis terang orde pertama diamati terjadi pada sudut 30o. Apabila kisi tersebut diganti dengan kisi yang terdiri dari 7500 celah/cm, maka pada sudut 30o tersebut akan diamati…

A. garis terang maksimum orde pertama
B. garis terang maksimum orde kedua
C. bukan garis terang maksimum dan gelap minimun
D. garis gelap minimum orde pertama
E. garis gelap minimum orde kedua


Pembahasan

Pola terang kisi difraksi adalah d sin θ = n λ, dengan d = 1/N (N = konstanta kisi) sehingga persamaannya:

1/N sin θ = n λ
n = sin θ / Nλ, karena θ dan λ tetap maka n sebanding 1/N, sehingga:
n2 / n1 = N1 / N2
10000 / 7500 = 4/3

n2 = 4/3 n1 = 4/3 (1) = 4/3 = 1,33
pola terang bila n = 1, 2, 3, …
pola gelap bila n = 1/2, 3/2, 5/2, …
Karena hasilnya n = 1,33 maka bukan garis terang maksimum maupun gelap minimum.

Jawaban: C

Nomor 4

Sebuah kisi mempunyai jarak antar celah 2,4 . 10-6 m. Jika bayangan orde kedua didifraksikan pada sudut 30 terhadap normal, maka panjang gelombang cahaya yang digunakan adalah..
A. 2 x 10-7 m
B. 4 x 10-7 m
C. 6 x 10-7 m
D. 8 x 10-7 m
E. 10 x 10-7 m

Pembahasan
d sin θ = n λ
2,4 x 10-6 . sin 30 = 2 λ
λ = 6 x 10-7 m
Jawaban: C

Nomor 5

Suatu celah sempit tunggal dengan lebar a disinari oleh cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5890 Å. Tentukan lebar celah agar terjadi pola difraksi maksimum orde pertama dari sudut 30o
A. 5890 Å
B. 11780 Å
C. 17670 Å
D. 23670 Å
E. 29450 Å

Pembahasan
Pola terang difraksi celah tunggal:
d sin θ = (n + 1/2) λ
d sin 30 = (1 + 1/2) 5890
d = 17670 Å

Nomor 6
Seberkas cahaya melewati celah tunggal yang sempit, menghasilkan interferensi minimum orde 3 dengan sudut deviasi 30o. Jika cahaya yang dipergunakan mempunyai panjang gelombang 6000 Ǻ, maka lebar celahnya adalah…
A.   1,3 .10-6 m                           D.    2,6 . 10-6 m
B.   1,8 .10-6 m                           E.    3,6 .10-6 m
C.   2,1 . 10-6 m

Pembahasan 


Diketahui:
n = 3
θ = 30o
λ = 6.000 Ǻ = 6.000 . 10-10 m

Ditanya: d
Jawab:
d sin θ = n λ
d . sin 30o = 3 . 6000 . 10-10 m
d . ½ = 18 . 10-7 m = 3,6 . 10-6 m

Jawaban: E

Nomor 7

Seberkas cahaya lewat celah sempit dan menghasilkan interferensi minimum orde ke dua dengan sudut deviasi 30o. Apabila lebar celah 2,4 . 10-4 cm, maka panjang gelombang cahaya tersebut adalah…
A.   4800 Ǻ                        D.   14400 Ǻ
B.   6000 Ǻ                        E.  19200 Ǻ
C.   9600 Ǻ

Pembahasan

Diketahui:
n = 2
θ = 30o
d = 2,4 . 10-4 cm = 2,4 . 10-6  m
Ditanya: λ = …
Jawab:
d sin θ = n λ
2,4 . 10-6  m . sin 30o = 2 . λ
2,4 . 10-6 m . ½ = 2 . λ
λ = 0,6 . 10-6 m = 0,6 . 10-6/10-10 Ǻ = 6000 Ǻ
Jawaban: B

Comments

Popular posts from this blog

rpp simulasi Digital dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi 2017

rpp simulasi digital kurikulum 2013 revisi 2017 Peserta didik usia remaja membutuhkan suatu dorongan supaya mengurangi kegiatan negatif baik itu berasal dari lingkungan luar sekolah maupun dalam sekolah. Contoh kecil dalam keseharian kita seperti menggunakan Handphone Android. Sebenarnya penggunaan HP harus lebih diperhatikan, karena dapat mengakses berbagai sumber yang tidak baik. Ini terjadi karena siswa membukanya melalui aplikasi-aplikasi pemutar video yang kurang mendidik. Pengarahan langkah awal penggunaan benda canggih itu dengan melarang membawa Handphone ke sekolah. Kemudian guru memberikan suatu gambaran yang membuka wawasan  peserta didik. Keterkaitan mata pelajaran Simulasi digital dengan ulasan diatas adalah alat peraga yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan tape recorder, Handphone yang bisa memutar video, dan peralatan peraga pendidikan lainnya dimana ini sudah dilampirkan dalam lembar pembuatan rpp simulasi digital revi...

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017 . Soal yang akan di ujiankan pada saat tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Banyak persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghadapi Ujian Seleksi CPNS. Salah satunya kita harus mencari beberapa sumber di internet baik itu latihan soal CPNS di blog/web bahkan langsung mengakses ujian online yang tersedia dari yang versi gratis maupun yang berbayar. Namun anda tidak perlu kuatir karena banyak sumber yang tersedia untuk membantu anda mempersiapkan diri Anda mengikuti Seleksi CPNS. Agar mempermudah anda dalam persiapan ujian ada baiknya anda mempelajari soal-soal yang kami bagikan dalam tulisan kali ini. Soal-soal yang kami berikan dapat anda gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan Seleksi CPNS di beberapa kementerian antara lain: ⇒ Contoh soal cpns kemenkumham. Baca Juga: Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2017 Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017 ...

Contoh dan pembahasan soal Interferensi Cahaya

Contoh dan pembahasan soal Interferensi. Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi. Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya. Sifat khas ini hanya dimiliki oleh gelombang. Jika dua buah gelombang bergabung sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (konstruktif ). Titik yang m...